Perlukah Mempunyai Teman Online?

Berteman dengan orang-orang yang berada di dunia maya sejatinya akan memperluas pergaulan.

Berita74 Dilihat

Perlukah Mempunyai Teman Online? – Mempunyai teman online bukan hal yang tabu apalagi dianggap sebagai perilaku yang sia-sia. Sekalipun memang interaksi sosial semacam ini agak aneh karena bersifat digital. Bahkan terkadang kita tidak pernah mengetahui apakah teman online tersebut nyata manusia atau robot. Perlu diketahui juga, banyak orang yang justru menggunakan akun dan foto palsu di sana.

Namun terlepas dari itu semua, ternyata memiliki teman online juga ada manfaat yang besar. Nah, manfaat inilah yang akan dijelaskan secara panjang lebar di dalam artikel ini. Nantinya Anda sebagai pembaca bisa menyimpulkan sendiri. Apakah berteman semacam ini perlu dilakukan atau tidak. Ini dia ulasannya:

1. Memperluas Pergaulan

Jika Anda ingin memperluas pergaulan, maka carilah teman sebanyak-banyaknya di media online seperti di Facebook, Twitter maupun di grup-grup WhatsApp. Namun Anda harus meyakini terlebih dahulu kalau akun yang digunakan oleh mereka memang absah dan resmi. Bukan akun palsu apalagi sampai menggunakan akun milik orang lain.

Berteman dengan orang-orang yang berada di dunia maya sejatinya akan memperluas pergaulan. Pasalnya, para pemilik akun semacam ini tidak datang dari satu wilayah di Indonesia saja tetapi dari seluruh wilayah yang berada di nusantara. Selain itu, Anda juga bisa mencari kesempatan agar sekiranya pertemanan ditingkatkan menjadi persahabatan di dunia yang nyata.

Baca juga: Mag Paper Responsive Blogger Template

2. Mengenal Usaha Digital yang Menguntungkan

Internet merupakan gudangnya usaha digital yang menguntungkan. Dan tidak dipungkiri, ternyata banyak sekali orang-orang yang sukses di bidang ini juga memiliki akun di FB, Tiktok maupun di WA. Nah, ini kesempatan bagus bagi Anda untuk mencari tahu tentang teknik mencapai kesuksesan tersebut. Tentu caranya dengan berteman dan bergaul bersama mereka melalui akun-akun di atas.

Dengan mengajukan pertemanan kepada orang yang sukses membuka usaha di internet melalui akun media sosial mereka, merupakan langkah awal bagi Anda untuk mengikuti jejak orang tersebut. Sedangkan untuk aktivitas selanjutnya, tinggal mengorek informasi seputar teknik mendapatkan kesuksesan tersebut saja dengan cara bertanya langsung kepadanya.

3. Bisa Menjadi Relasi Bisnis

Sekarang ini, minat masyarakat untuk berbelanja di pasar offline sudah mulai berkurang. Mereka lebih menyukai membeli barang-barang yang dijual secara online. Nah, jika Anda termasuk peniaga, maka silakan alihkan dagangan pada bisnis online saja yang lebih menguntungkan. Namun tentunya Anda juga harus memiliki pelanggan yang mengerti dengan konsep ini.

Nah, dengan melakukan pertemanan online, sejatinya Anda sedang mencari pelanggan untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Termasuk juga untuk menjalin relasi usaha dengan mereka supaya usaha yang dijalankan lebih menguntungkan dan lebih memiliki daya saing. Tanpa teman-teman di FB, mustahil Anda bisa mengembangkan usaha digital dengan baik.

4. Potensi Menambah Pertemanan yang Nyata

Jika Anda menambah pertemanan secara online, seharusnya jumlah pertemanan secara nyata juga bakal bisa bertambah. Caranya dengan mengajak teman yang ditemukan di media sosial tersebut untuk copy darat atau bertemu secara langsung. Tidak lagi hanya berjumpa via perangkat laptop atau ponsel android saja.

Nah, dari pernyataan ini saja bisa disimpulkan kalau ternyata orang yang berteman di media sosial, sejatinya juga bisa berteman dengan orang yang sama di dunia yang real. Dan ini tidak terlarang, selama keduanya berdiri di atas kejujuran bukan kebohongan. Misal, jujur dalam menempatkan foto profil, alamat, hobi, profesi dan selainnya.

5. Solusi atas Masalah Lebih Menyeluruh

Tidak ada satupun manusia yang tidak pernah mendapatkan masalah di dalam kehidupannya. Cuma yang membedakan antara manusia yang satu dengan manusia yang lain terletak pada cara untuk mendapatkan solusi dari masalah tersebut. Nah, ternyata ada masalah yang bisa diselesaikan dengan cara diceritakan kepada orang lain.

Nantinya, orang yang diajak berbicara akan memberikan solusi atas masalah yang disampaikan. Semakin banyak orang yang diajak berbicara, maka solusi yang harus dipilih juga semakin banyak. Nah, dengan adanya teman online, sejatinya solusi semacam ini akan mudah didapatkan. Apalagi yang namanya akun di dunia maya pasti jumlahnya bisa mencapai ribuan orang.

Baca juga: Using the Power of Social Media to Build Customer Loyalty

6. Mempermudah Tugas Kuliah

Anda seorang mahasiswa yang sedang kebingungan pasal tugas kuliah, maka buka saja browser lalu cari jawabannya di sana. Akan tetapi, kalau merasa ragu dengan jawaban tersebut, maka tinggal menghubungi teman dunia maya Anda saja baik di FB dan di WhatsApp. Lalu tanyakan kepada mereka jawaban atas tugas kuliah yang sedang dikerjakan.

Nah, ini juga termasuk manfaat dari memiliki teman di dunia maya. Sedangkan kalau mengandalkan teman yang nyata, tentu agak mustahil karena tentunya mereka juga memiliki kesibukan masing-masing. Jumlahnya pun mungkin tidak terlalu banyak sehingga agak kebingungan juga untuk bertanya kepada yang mana.

7. Meningkatkan Skill IT

Kalau Anda ingin menjadi ahli IT yang profesional, maka tidak perlu belajar kursus. Sebab, tutorial segala materi teknologi bisa didapatkan di channel Youtube. Silakan lihat video tersebut lalu dicoba di rumah. Namun, kalau ingin mengorek lebih jauh seputar keahlian si pemilik channel, maka ajak dia berteman.

Nah, nantinya Anda bakalan mendapatkan video seputar IT yang dia miliki. Alhasil pemahaman tentang materi ini akan semakin besar. Dan bukan tidak mungkin, Anda yang bakal menjadi ahli IT berikutnya. Tentunya yang terpenting Anda harus mempelajarinya dengan tekun.

Itulah beberapa manfaat mempunyai teman online. Nah, karena manfaatnya sangat bagus, maka tidak mengapa Anda untuk mencari teman semacam ini sebanyak-banyaknya. Akan tetapi, pilihlah yang jujur dan berakhlak baik. Bukan teman yang justru akan membuat diri terjebak pada hal yang tidak baik.

Baca juga: How to Index Your Website on Google

Penutup

Itulah informasi tentang Perlukah Mempunyai Teman Online? yang bisa kami sajikan, semoga bermanfaat.

Komentar