Jenis Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia

Berita, Pendidikan12 Dilihat

Perguruan Tinggi Swasta – Hai, Sobat Baca News, Apa kabar nih? Semoga kamu dalam keadaan yang baik-baik aja, ya. Bagi kamu para calon mahasiswa, udah ada rencana bakal ngelanjutin kuliah di perguruan tinggi mana belum?

Nah, kalau belum, pas banget karena di artikel kali ini, Sobat Baca News akan mengulas salah satu jenis perguruan tinggi yang ada di Indonesia, yaitu perguruan tinggi swasta atau di singkat PTS.

Hayoo siapa nih yang berencana untuk melanjutkan pendidikan ke PTS?

Perguruan tinggi swasta atau PTS bagi kebanyakan kalangan masyarakat Indonesia sering di jadikan pilihan kedua sebagai rencana “back-up” karena untuk bisa kuliah di perguruan tinggi negeri papan atas sering banget di anggap lebih bergengsi.

Padahal, pada akhirnya di mana pun kamu melanjutkan kuliah, faktor yang menentukan keberhasilanmu adalah diri kamu sendiri. Setuju, nggak?

Well, emang sih, selain itu ada juga fakta yang menyebutkan kalau biaya PTS lebih mahal dibanding perguruan tinggi negeri lainnya. Eh, tapi apa benar begitu

Sobat Baca News paham kok, kalau memilih tempat kuliah itu gampang-gampang susah. Dari jenisnya sendiri, di Indonesia terdapat tiga jenis perguruan tinggi. Udah tahu belum apa aja?

Perguruan Tinggi Swasta

Perguruan Tinggi Swasta
Foto Ilustrasi Perguruan Tinggi Swasta

Selain Akreditasi kampus dan jurusan kuliah yang di minati, kamu juga harus tahu jenis-jenis perguruan tinggi yang ada di Indonesia karena hal ini patut juga untuk di pertimbangkan.

Yuk, simak apa aja jenis perguruan tinggi yang umumnya ada di Indonesia!

1. Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

Kamu mungkin udah familiar dengan jenis perguruan tinggi di Indonesia yang satu ini. Yap, Perguruan Tinggi Negeri adalah perguruan tinggi yang di kelola oleh pemerintah.

Kepemilikannya berada di bawah Departemen Pendidikan Nasional langsung maupun Departemen Kementerian lainnya.

2. Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Jenis perguruan tinggi ini di kelola oleh perorangan, yayasan, ataupun kelompok. Lalu, kepemilikannya bukan di bawah pemerintah.

Oleh karena itu, pelaksanaan pendidikannya adalah tanggung jawab perguruan tinggi tersebut sepenuhnya.

3. Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK)

Perguruan tinggi yang sering di kenal dengan Sekolah Tinggi Kedinasan ini adalah Perguruan Tinggi yang di kelola dan memiliki ikatan dengan instansi pemerintah.

PTK juga punya nama lain yaitu Sekolah Ikatan Dinas, karena setelah kelulusan kamu akan terikat dengan instansi pemerintah tersebut dan bisa di angkat jadi pegawai negeri!

Baca juga: Pentingnya Asuransi dan Optimalisasi SEO

Perbedaan Universitas Negeri dan Swasta

Jenis Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia
Perbedaan Universitas Negeri dan Swasta

Udah tahu dong ya kalau dari segi kepemilikan, pengelolaan, serta Pelaksanaan Pendidikan PTN dan PTS jelas berbeda.

Nah, kira-kira ada perbedaan yang lain nggak, sih? Tentu ada!

Berikut ini adalah perbedaan universitas negeri dan swasta.

1. Sumber dana

Perbedaan universitas negeri dan swasta yang masih berkesinambungan dengan poin-poin di atas adalah sumber dana atau pembiayaannya.

Karena namanya perguruan tinggi negeri dan di kelola oleh pemerintah, umumnya PTN mendapatkan subsidi pembiayaan dalam hal pengelolaan dan pelaksanaan pendidikannya.

Makanya, nominal uang semesterannya lebih murah daripada PTS.

Nah, kenapa sih PTS itu uang semesterannya bisa lebih mahal? Hal ini di karenakan pembiayaannya bersumber dari swasta tanpa bantuan subsidi dari pemerintah.

Biaya kuliah yang kamu bayar itu juga salah satu sumbernya, lho!

Memang sih, perguruan tinggi swasta punya biaya kuliah yang relatif mahal. Belum lagi kamu harus memenuhi kebutuhan penunjang kuliahmu seperti laptop dan gadget pendukung lainnya.

Eits, jangan khawatir Sobat Bacanews Bersama Baca.News kamu bisa memenuhi hal tersebut kok!

2. Jalur masuk

Perbedaan universitas negeri dan swasta yang mencolok lainnya adalah jalur masuk atau seleksi mahasiswa baru.

Kamu pasti familiar dengan seleksi masuk nasional seperti jalur undangan atau SNMPTN, SBMPTN, dan mandiri, ‘kan?

Yap, itu adalah beberapa jalur masuk perguruan tinggi negeri.

Perguruan tinggi swasta umumnya membuka penerimaan mahasiswa baru dengan sistem tes dalam gelombang atau batch.

Tapi, ada juga kok yang tanpa tes, melainkan menggunakan nilai rapor, UTBK, ataupun jalur prestasi.

Kalau dari segi program studi atau jurusan kuliah, masing-masing universitas pasti punya unggulannya masing-masing.

Biar kamu lebih memantapkan hati buat milih jurusan, kamu bisa mempertimbangkannya juga dari akreditasi yang di berikan oleh BAN-PT untuk jurusan maupun perguruan tinggi tersebut.

Kelebihan Perguruan Tinggi Swasta

Kuliah di PTS nggak bikin kamu kalah dengan yang kuliah di perguruan tinggi negeri, kok! Belum yakin juga? Nih, Bacanews kasih tahu kelebihan perguruan tinggi swasta!

1. Fasilitas lengkap

Yap, sebagai benefit karena udah membayar biaya kuliah yang lumayan mahal, perguruan tinggi swasta memberikan fasilitas-fasilitas yang sepadan dengan apa yang kamu keluarkan.

Contohnya seperti gedung kuliah yang luas, mewah, dan tersedianya berbagai fasilitas modern yang membuat kamu merasa worth the price!

Source: https://blog.cicil.co.id/kuliah-di-perguruan-tinggi-swasta-nggak-kalah-dengan-negeri-kok/

News Feed